Konstruksi Kuda-Kuda
1.
Pendahuluan
Konstruksi kuda-kuda ialah suatu susunan rangka batang
yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan
sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya. Kuda-kuda merupakan penyangga
utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur
framework (truss). Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton
bertulang.
Kuda-kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan
bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda-kuda bambu pada umumnya mampu mendukung
beban atap sampai dengan 10 meter. Sedangkan kuda-kuda baja sebagai pendukung
atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai
dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga,
bangunan pabrik, dan lain-lain. Kuda-kuda dari beton bertulang dapat digunakan
pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter. Pada kuda-kuda dari baja
atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah
horizontal.
Pada dasarnya konstruksi kuda-kuda terdiri dari rangkaian
batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta
bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda-kuda satu sama lain akan
berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan
bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa
mengalami perubahan.
Kuda-kuda diletakkan di atas dua tembok selaku
tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya
horizontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal
saja. Kuda-kuda diperhitungkan mampu mendukung beban-beban atap dalam satu
luasan atap tertentu. Beban-beban yang dihitung adalah beban mati (yaitu berat
penutup atap, reng, usuk, gording, kuda-kuda) dan beban hidup (angin, air
hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap).
2. Dasar Konstruksi Kuda-Kuda
Ide dasar untuk mendapatkan bentuk konstruksi kuda-kuda
seperti urutan gambar di bawah
ini:
a) Akibat adanya beban maka titik pertemuan kedua kaki
kuda-kuda bagian atas (P) mengalami perubahan letak yaitu turun ke P’, sehingga
kaki kuda- kuda menekan kedua tembok ke arah samping. Bila tembok tidak kokoh maka
tembok akan roboh.
b) Untuk mencegah agar kaki kuda-kuda
tidak bergerak ke samping perlu dipasang balok horizontal, balok tersebut
bekerja untuk menahan kedua ujung bawah balok kaki kuda-kuda. Batang horizontal
tersebut dinamakan balok tarik (AB).
c) Karena bentangan menahan beban yang
bekerja dan beban berat sendiri kuda-kuda, maka batang tarik AB akan melentur.
Titik P bergerak turun ke titik P’, dengan adanya pelenturan, tembok
seolah-olah ke dalam.
d) Untuk mengatasi adanya penurunan pada batang tarik di
ujung atas kaki kuda-kuda dipasangi tiang dan ujung bawah tiang menggantung
tengah-tengah batang tarik AB yang disebut tiang gantung.
e) Semakin besar beban yang bekerja dan
bentangan yang panjang, sehingga kaki kuda-kuda yang miring mengalami
pelenturan. Dengan adanya pelenturan pada kaki kuda-kuda maka bidang atap akan
kelihatan cekung kedalam, ini tidak boleh terjadi.
f) Untuk mencegah pelenturan pada kaki
kuda-kuda perlu dipasangi batang sokong/skoor dimana ujung bawah skoor
memancang pada bagian bawah tiang gantung ujung atas skoor menopang bagian
tengah kuda-kuda. Dengan demikian pelenturan dapat dicegah.
g) Pada bangunan-bangunan yang berukuran
besar, kemungkinan konstruksi kuda-kuda melentur pada bidangnya karena kurang
begitu kaku. Untuk itu perlu diperkuat dengan dua batang kayu horizontal yang
diletakkan kirakira ditengah-tengah tinggi tiang gantung.
3. Batang-Batang
Konstruksi Kuda-Kuda
Keterangan:
a. Balok tarik; b. Balok kunci; c. Kaki kuda-kuda; d. Tiang gantung; e. Batang sokong; f. Balok gapit; g. Balok bubungan; h. Balok gording; i. Balok tembok.
4. Tipe Kuda-Kuda
a. Tipe Pratt
Gambar. Kuda-Kuda
Tipe Pratt
b. Tipe Howe
b. Tipe Howe
Gambar. Kuda-Kuda
Tipe Howe
c. Tipe Fink
d. Tipe Bowstring
Gambar. Kuda-Kuda Tipe Bowstring
e. Tipe Sawtooth
Gambar. Kuda-Kuda
Tipe Sawtooth
f. Tipe Waren
f. Tipe Waren
Gambar. Kuda-Kuda
Tipe Waren
5. Bentuk Kuda-Kuda Kayu
5. Bentuk Kuda-Kuda Kayu
Berikut ditampilkan bentuk kuda-kuda kayu berdasarkan bentang kuda-kuda, yaitu:
a). Bentang 3–4 Meter
Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 sampai dengan 4 meter.
b). Bentang 4–8 Meter
Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 4
sampai dengan 8 meter.
Gambar. Kuda-Kuda
Bentang 4-8 Meter
Gambar. Pemasangan
Kuda-Kuda
Gambar. Perletakkan
Kuda-Kuda7. Kuda-Kuda Sistem Knock Down
Kuda-Kuda sistem knock down merupakan terobosan baru
untuk mendirikan rumah instan. Bentuk kuda-kuda sangat sederhana dan terbuat
dari papan. Tipe kuda-kuda tersebut diperkenalkan dalam rangka pendirian rumah
untuk korban bencana alam yang terjadi di Aceh tanggal 26 Desember 2004 dan
dikenal dengan rumah tipe RI-A
Gambar. Kuda-Kuda Sistem Knock Down
21 komentar:
membantu blognya, thanks :D
sangat bermanfaat
Makasih gan, sangat membantu :D
Makasih gan, sangat membantu :D
menejelaskan pengembangan batang2 pda kuda2 dengan baik
Terima kasih,mudah2an sy dp mempraktekannya
Kuda2 besi cnp diatas pilar batu bata apakah ada data dn gbr2nya terutama gbr detail pd tumpuan diatas pilar. Tq
I
Makasih ilmunya
Siipp nih gan
PRIHAL :
PENAWARAN KERJASAMA UNTUK KONSULTAN PENGURUSAN JAMINAN ASURANSI DAN BANK GARANSI BISA TANPA COLLATERAL/AGUNAN PROSES CEPAT,MUDAH DAN BIAYA KOMPETITIF LEBIH MURAH
Yth Customer,
Bapak/ Ibu
Pimpinan /HRD/finance dept perusahaan
di
Tempat
Dengan hormat,
Perkenalkan kami Dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA,Bersertifikat AAUI No.0611 000 8421, No Akte Pendirian 150 dan SIUP No 5027-01/1.824.271 Perusahaan kami Telah Resmi Ditunjuk Untuk Memasarkan Produk Bank Garansi & Surety Bond Bisa Tanpa Agunan (Non Collateral). Adapun Jaminan Bank garansi & Asuransi Yang kami Tawarkan Telah Diterima di instansi Pemerintah dan Swasta serta sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun jenis jaminan yang kami tawarkan adalah sebagai berikut:
DAFTAR JAMINAN:
Jaminan Penawaran (Bid Bond)
Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond)
Jaminan Uang Muka (Advance Payment Bond)
Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)
Jaminan Pembayaran Akhir Tahun (SP2D)
Jaminan Contractor ALL RISK (CAR)
Jaminan Custom Bond
Jaminan Property ALL RISK (PAR)
Jaminan Erection ALL RISK (EAR)
Jaminan Marine Hull Insurance (MH)
Jaminan Cargo
Jaminan Workman Compensation Liability (WCL)
Jaminan Conprenshive General Liability (CGL)
Jaminan Automobile Liabelity (AL)
Jaminan Asuransi Kebakaran (Fire Insurance)
KMK (KREDIT MODAL KERJA)
DAN ASURANSI UMUM LAINNYA
Demikianlah perkenalan singkat dari kami, besar harapan kami untuk dapat berkerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu dan semoga ini langkah awal untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan di masa akan datang dan atas perhatian kami ucapkan terimakasih.Adapun sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu berikut ini saya lampirkan proposal penawaran penerbitan surety bond (asuransi) dan bank guarantee (bank garansi). Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Hormat Kami,
PT. ANUGRAH LUAS JAYA
ttd
MELYAN SONATA
Telp (021) 42888259
Fax (021) 42888256
Mobil 085736366719
WhatsApp 085736366719
Email: pt.mjs99@gmail.com
Office:Jl.Swadaya III No.45A Kel.Cempaka Baru Kec.Kemayoran Jakarta–Indonesia (10640)
terimakasih meterinya ..!
Terimakasih ilmunya bermanfaat
Thanks Infonya mudah dimengerti
Cukup mudah dimengerti.. makasih ilmunya pak.. sukses selalu
Mau tanya bos
Bagaimana kalo lebar ruangan antara dpn belakang tdk sama
Bagaimana cara membuat kuda kudanya
Trma ksh
Numpang tanya Bos. Apa kah tdk penharuh buruk/ kurang Bagus jika Rumah Beton sudah dipasingi atap duluan sedangkan kuda-kuda/batanya blm terpasang semua? Mohon penjelasan nya. Trimakasi
Tidak membantu asw
bnr anjg!
g
Min antara kuda kuda tipe Pratt dan Howe klw di lihat sekilas terlihat sangat mirip apakah ada yang membedakan antara keduanya selain dari bentuknya?
Posting Komentar